tutorial desain grafis

Just another WordPress.com weblog

Belajar Membuat Shape Di Corel Draw

Posted by tetsufiq pada Desember 19, 2009

sebagai pelajaran awal dalam corel draw, disini saya akan mengajarkan bagiamana cara membuat shapes dalam corel draw. shapes disini diartikan adalah bentuk dasar dari sebuah objek misalnya persegi ataukah lingkaran dan sejenisnya. dan untuk membuatnya anda hanya perlu satu langkah di corel draw, karena memang corel draw sudah menyediakan tool untuk membuat shapes secara instan. tapi andapun harus mempraktekkanya kalau anda ingin bisa. karna pada dasarnya dalam desain grafis itu. intinya adalah praktek, praktek dan praktek alias formula 3p. maka dengan sendirinya anda akan bisa. baiklah langsung saja kita pelajari bagaimana membuat shapes.

langkah langkahnya :

1. kita asumsikan bahwa anda sudah menginstall corel draw dalam computer anda
2.bukalah software corel draw
3. setelah terbuka dan muncul pop up window klik new

lalu akan muncul sebuah halaman baru, karna ini masih pertama. kita hiraukan saja soal ukuran halaman, dan soal ukuran halaman akan saya bahas lebih mendetail dalam pelajaran selanjutnya.

langsung menuju toolbox drawing yang letaknya ada di kiri layar
Shape tool Corel Draw kira kira seperti ini toolboxnya dan yang ditandai warna merah itulah yang bisa kita sebut dengan shape tool, bentuknya macam macam ada rectangle, circle, custom shapes, star dll

untuk  menggunakanya kita hanya perlu mengklik toolnya lalu tahan dan drag ke area drawing, maka dengan sendirinya anda sudah menggambar shapes.
dan ingat. di setiap tool juga mempunyai sub tool yang bisa anda munculkan setelah anda klik agak lama di tiap icon tool, misal di star tool jika anda mengklik agak lama maka anda akan menemukan polygon tool, graph paper tool, spiral tool dan complex star tool.

namun setiap objek yang anda buat selalu tidak simetris. itu karena merupakan settingan standard dari corel draw. dan bila anda ingin shape anda simetris, maka anda harus menahan CTRL agar shapes senantiasa simetris.

setelah anda membuat shapes dan anda ingin membuat shapes anda memiliki warna maka anda perlu perhatikan toolbar color di samping kanan layar. lalu anda klik dulu objek yang akan diberi warna sehingga objek menjadi terseleksi, setelah itu barulah anda bisa memilih warna objek dengan color pallete tadi.

anda hanya perlu klik kiri untuk memberi warna isi objek, dan anda perlu klik kanan untuk memberi warna stroke objek / garis objek.
nah membuat shape cukup mudah bukan, berlatihlah membuat shape yang lain dengan mengatur settingnya di properti bar. ok
disini ada beberapa contoh shape objek seperti dibawah ini

corel draw shapes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: