tutorial desain grafis

Just another WordPress.com weblog

Pengenalan Corel Draw

Posted by tetsufiq pada Desember 19, 2009

corel draw logo

corel draw

corel draw adalah aplikasi pembuat vector graphics yang cukup populer dalam dunia percetakan maupun dalam dunia grafis.software ini mampu menciptakan graphic vector yang lebih bersifat flexibel dan dinamis tanpa perlu resolusi.

tapi sebelum mengenal corel draw kita perlu mengenal apa itu vector graphics.

vector graphics ialah sebuah format images yang tidak tergantung pada pixel dalam penyusunan imagenya, tetapi lebih menekankan pada fill outnya. oleh karena itu jika gambar vector kita besarkan, seberapa pun besarnya gambar vektor tak akan kehilangan detail gambarnya dan cenderung masih tajam, tapi kelemahanya adalah dari jumlah pewarnaanya yang cenderung hanya mendukung sedikit warna. kira kira maksimal sekitar 256 warna, dan kelemahan lainya adalah tak bisa dikombinasikan dengan pengolah bitmap seperti photoshop atau sejenisnya, tetapi walau begitu format vektor masih jauh menang dari bitmap soal ukuran file, karena format vector biasanya ukuran file akan lebih kecil dan tak akan memberatkan komputer karena tak tergantung resolusi, bahkan bisa bekerja dalam resolusi yang minim.

corel draw dikembangkan oleh vendor corel yang juga mengembangkan corel photo paint, corel live tracer, corel rave, corel capture dll. umumnya software corel draw ini dipakai untuk urusan large printing dan sejenisnya  serta yang paling umum digunakan di asia. tetapi walau begitu soal urusan konsistensi warna dan tingkat pewarnaan corel kalah jauh dengan pesaingnya yaitu adobe illustrator dan macromedia freehand. tapi walau begitu corel jauh mengungguli mereka untuk tingkat kedetailan dan akurasi serta user friendly.

corel memiliki tool drawing yang jauh lebih banyak dibandingkan semua pesaingnya, dan merupakan pengolah vektor yang paling luwes serta paling mudah di pelajari. corel mampu berintegrasi dengan berbagai format image seperti psd, eps, ai, tif, jpg, gif, png, dsb. dan semua gambar tersebut akan dijaga tingkat konsistensi resolusinya.

orang orang yang mampu mengoperasikan corel draw biasanya dibutuhkan dalam setiap digital printing dan advertising, tetapi kadang kadang perusahaan kelas atas juga menggunakanya. walaupun sekarang banyak perusahaan kelas atas yang menggunakan adobe illustrator yang merupakan standard eropa dan amerika.

untuk posting berikutnya akan saya bahas mengenai ilmu dasar corel draw

Tinggalkan komentar